Bagaimana Teknologi Mengubah Perawatan Kesehatan Menjadi Lebih Baik

Bagaimana Teknologi Mengubah Perawatan Kesehatan Menjadi Lebih Baik

Posted on

Penyediaan layanan kesehatan akan sangat berbeda di masa depan karena inovasi seperti kembaran digital tubuh manusia, rekam medis blockchain, rumah sakit di metaverse, dan sistem desentralisasi yang baru. Kita akan melihat beberapa cara bagaimana web3 dan teknologi metaverse yang imersif akan merevolusi sistem perawatan kesehatan kita dan meningkatkan kesehatan semua orang di bagian ini.

Era Perawatan Kesehatan Metaverse

Teknologi metaverse yang imersif dapat meningkatkan akses ke praktisi kesehatan di masa depan. Bayangkan, misalnya, dokter dan Anda dapat melakukan konsultasi telemedicine dalam metaverse, terutama untuk gejala umum atau penyakit ringan yang tidak memerlukan diagnosis visual.

Ada kemungkinan bahwa kita dapat berkonsultasi dengan dokter yang berpraktik di bagian dunia yang berbeda dari tempat kita berada atau bahkan mengunjungi rumah sakit atau klinik virtual di metaverse. Kunjungan VR yang imersif mungkin terbukti menjadi keuntungan yang luar biasa bagi wilayah dunia dengan kekurangan tenaga medis profesional atau di mana pasien sering harus melakukan perjalanan jauh untuk berkonsultasi dengan ahli.

Memanfaatkan Kembaran Digital untuk Memandu Perawatan

Perawatan kesehatan berbasis internet di masa depan akan menghadirkan berbagai peluang inovatif, termasuk penggunaan kembaran digital, atau model virtual pasien, untuk memberikan perawatan yang dipersonalisasi dan presisi. Model digital tubuh pasien ini dapat digunakan oleh para profesional medis untuk meramalkan bagaimana orang sungguhan akan merespons perawatan atau pulih dari penyakit atau pembedahan. Untuk memprediksi bagaimana tindakan akan memengaruhi kita di masa depan, penyedia layanan akan dapat melakukan tes, membuat rencana perawatan dan rehabilitasi individual, atau bahkan “menua” kembaran digital kita.

Di Metaverse, Pendidikan Kedokteran dan Terapi Khusus

Teknologi imersif digunakan oleh bisnis dan institusi perawatan kesehatan untuk melatih dokter dan profesional perawatan kesehatan lainnya dalam bidang kedokteran. Agar dokter bedah dapat berlatih di lingkungan yang terkendali sebelum melakukan operasi pada pasien yang sebenarnya, FundamentalVR, sebuah platform pendidikan kedokteran realitas virtual yang diakui oleh Royal College of Surgeons di Inggris, telah menciptakan sistem VR yang berfungsi seperti simulator penerbangan.

BACA JUGA  Mengapa Membeli Kamera Digital?

Terapi berdasarkan realitas virtual juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Pasien dapat mengalami keadaan yang sulit atau tidak mungkin ditiru di dunia nyata dengan tenggelam dalam lingkungan simulasi. Dengan memproses perasaan dan pengalaman mereka di lingkungan yang aman, pasien dapat mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang akan bermanfaat bagi mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Potensi Web3 untuk Mendemokratisasi Layanan Kesehatan

Layanan kesehatan juga dapat terkena dampak yang signifikan dari blockchain, terutama dalam hal data medis. Teknologi Web3 akan menawarkan kepada pasien sebuah platform yang aman untuk menangani dan menyimpan informasi kesehatan pribadi mereka, seperti hasil tes dan obat-obatan. Selain itu, mereka akan dapat berbagi informasi ini dengan para profesional perawatan kesehatan sambil tetap memegang kendali atas siapa yang memiliki akses ke data pribadi mereka. Desentralisasi perawatan kesehatan juga akan membantu kita untuk beralih dari sistem yang besar dan tersentralisasi, di mana perawatan terutama diberikan di rumah sakit dan klinik besar, dan menuju model yang lebih terdistribusi, di mana layanan disediakan di lokasi yang berbeda seperti puskesmas, klinik perawatan primer, dan bahkan rumah pasien.

Akan sangat mudah untuk memindahkan penyedia layanan kesehatan atau, jika kita menginginkannya, untuk berbagi data anonim dengan peneliti medis dalam sistem desentralisasi di mana pasien memiliki kepemilikan penuh atas semua data mereka. Desentralisasi juga dapat digunakan untuk menyediakan layanan kesehatan melalui telemedicine dan alternatif teknologi lainnya, sehingga dapat meningkatkan layanan kesehatan di daerah pedesaan dan terpencil.

BACA JUGA  Pemahaman Machine Learning: Jenis, Aplikasi, dan Implikasi di Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *