Why Buy a Digital Camera?

Mengapa Membeli Kamera Digital?

Posted on

Perkembangan teknologi dimulai dengan kecepatan yang sangat tinggi selama abad ke-20. Seperti banyak bidang perkembangan lainnya, fotografi juga mengalami perkembangan besar dalam bidangnya. Teknologi kamera fotografi telah mengalami peningkatan terus menerus sejak tahun 1913 ketika kamera diam 35 mm diproduksi hingga tahun 1985 ketika teknologi digital pertama kali diperkenalkan dalam fotografi oleh Pixar.

Pada dasarnya kamera digital adalah gadget elektronik yang menangkap dan menyimpan foto dalam format digital tanpa menggunakan pemrosesan film. Kamera digital pertama yang sesungguhnya diluncurkan pada tahun 1988 oleh Fuji Company. Kamera ini menggunakan kartu memori untuk tujuan penyimpanan. Model terbaru Kamera Digital juga dapat merekam suara dan video. Kamera digital ini menyimpan gambar pada sebuah perangkat kecil yang disebut CCD (Charge Coupled Device). Dari kamera digital, gambar dapat ditransfer ke komputer dan gambar dapat diedit dengan bantuan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop.

Keuntungan kamera digital

Kemudahan penggunaan: Keuntungan utama menggunakan kamera digital adalah Anda tidak perlu khawatir tentang membeli film dan mengganti gulungan film. Anda bisa mengklik sebanyak mungkin gambar yang Anda inginkan, mentransfernya ke komputer, melihatnya dari dekat dan hanya mendapatkan gambar yang bagus setelah mengeditnya secara menyeluruh.

Opsi pengeditan: Kamera digital memungkinkan Anda mengedit foto dengan cara termudah dengan bantuan perangkat lunak. Warna, kecerahan dan kontras foto dapat disesuaikan dan gambar dapat dipotong dan diubah ukurannya sesuai kebutuhan. Hal ini membantu mengoptimalkan resolusi foto.

Ekonomis: Kamera digital ekonomis dalam arti bahwa kamera ini menghilangkan biaya film dan biaya pemrosesan. Apabila gambar diambil dalam jumlah banyak, biaya film yang dihemat cukup banyak.

Fleksibilitas: Anda dapat melihat foto yang baru saja Anda klik pada layar LCD Kamera Digital dan jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat mengambil foto yang sama.

BACA JUGA  Intel Umumkan Chip Quantum untuk Perguruan Tinggi

Kekurangan kamera digital

Kualitas output: Untuk tujuan reproduksi profesional, kamera film konvensional masih merupakan yang terbaik karena kamera digital tidak dapat menandingi kualitas resolusi dan kedalamannya.

Biaya awal: Biaya investasi awal untuk kamera digital lebih tinggi daripada kamera film foto. Biaya kamera untuk penggunaan di rumah berkisar antara US$ 150 hingga US$ 1000 sementara biaya model profesional bisa mencapai US$ 20.000.

Kecepatan Lebih Rendah: Kamera digital membutuhkan waktu untuk menyimpan gambar yang tidak cocok untuk fotografi aksi yang membutuhkan klik yang sangat cepat.

Fitur penting

Kualitas kamera digital sangat bergantung pada fitur optik, kedalaman warna, resolusi, dll. Saat berbelanja kamera digital kita harus berhati-hati dalam mengikutinya.

Resolusi Tinggi: Resolusi kamera digital bergantung pada kapasitasnya untuk menyimpan titik-titik atau piksel. Semakin banyak piksel yang dapat disimpan, semakin tinggi resolusinya. Kamera dengan kapasitas 5 mega piksel atau lebih ideal untuk fotografi di rumah, sementara fotografer profesional mungkin mencari kapasitas lebih dari 7 mega piksel.

Kapasitas: Kapasitas kamera digital untuk menyimpan gambar juga sangat penting. Kamera memiliki kapasitas memori internal dan slot kartu memori tambahan untuk menyimpan gambar. Harga kartu memori memang mahal, namun kartu memori sangat penting untuk memenuhi tujuan penyimpanan.

Kedalaman bit: Hal ini terkait dengan kemampuan warna atau kapasitas kamera digital untuk mereproduksi warna. Kamera yang bagus bisa menangani warna 24-bit yang memenuhi jangkauan mata manusia.

Fitur optik dan zoom: Kamera yang baik harus memiliki lensa zoom optik dengan lampu kilat otomatis untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

Layar: Layar LCD yang baik penting untuk kamera digital karena memungkinkan pengguna untuk membolak-balik gambar yang telah diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *