When It’s Time to Move From Shared Hosting to a Dedicated Server

Kapan Harus Beralih ke Dedicated Server dari Shared Hosting

Posted on

Saat situs web pertama kali dibentuk, situs web Shared Hosting (Server Bersama) biasanya menghostingnya, sehingga memberikan orang akses ke hosting web berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Hal ini memungkinkan orang untuk secara bertahap membangun situs web mereka tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk menghostingnya. Peluncuran sebuah perusahaan sangatlah penting karena, dalam enam hingga 12 bulan pertama setelah pembukaan, sebuah perusahaan mungkin tidak menghasilkan keuntungan. Jadi bagaimana orang atau bisnis dapat mengetahui kapan saatnya beralih dari shared hosting ke server khusus (Dedicated Server) untuk situs web mereka? Ada sejumlah isyarat yang dapat menjadi pengingat kapan tindakan ini diperlukan.

Kapan Harus Memulai ?

Langkah logis berikutnya setelah mengembangkan situs web yang dihosting di lingkungan hosting bersama adalah beralih ke server khusus. Informasi di server khusus memberi orang kendali penuh atas situs web mereka dan kebebasan untuk mengembangkannya secepat yang mereka pilih. Anda memiliki opsi untuk meningkatkan kecepatan CPU, menambah memori tambahan, dan meningkatkan bandwidth kapan saja saat server spesifik Anda dihosting. Hal ini mengurangi kemungkinan server menjadi lambat atau macet akibat aktivitas di situs web lain. Dalam satu server dengan shared hosting, seringkali terdapat puluhan atau bahkan ratusan situs web berbeda.

Semua situs web ini akan mulai memuat lebih lambat atau bahkan terhenti jika salah satu dari mereka mulai menggunakan lebih banyak bandwidth, sehingga memberikan tekanan yang tidak terduga pada server yang menampungnya. Meskipun lingkungan hosting bersama lebih murah, orang-orang akan lebih baik dan disarankan untuk beralih ke server khusus jika keandalan diperlukan.

Orang dapat menginstal perangkat lunak dan perangkat keras yang harus dibatasi oleh penyedia hosting bersama karena kekhawatiran tentang keamanan dan biaya hosting tambahan dengan beralih dari hosting bersama ke server khusus. Meskipun beberapa perusahaan hosting mengizinkan Anda mengubah sistem operasi, hal ini biasanya tidak disarankan. Daftar ini mencakup lebih banyak RAM yang akan dibutuhkan saat situs web Anda berkembang.

BACA JUGA  Bagaimana Masa Depan Manufaktur Cerdas Dibentuk oleh Jaringan Kabut

Dengan beralih dari shared hosting ke dedicated server, situs web dapat menjalankan lebih banyak komputasi dan lebih banyak proses secara bersamaan tanpa khawatir server gagal. Kecil kemungkinannya sebuah situs web akan berjalan lambat atau tidak berjalan sama sekali jika tiba-tiba mendapatkan popularitas karena meningkatnya jumlah pengguna. Pada server khusus yang dapat diandalkan, selalu penting untuk memilih hanya fitur-fitur yang diperlukan. Banyak penyedia layanan juga menyediakan paket server yang dapat dikonfigurasi sepenuhnya atau opsi untuk membuat server khusus Anda sendiri, sehingga Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan. Langkah bisnis paling cerdas yang dapat Anda lakukan mungkin adalah dengan menggunakan salah satu dari banyak penyedia hosting web yang memungkinkan Anda menggunakan server khusus dengan sedikit biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *